Inilah dia “tata cara melamar kerja”

Berikut beberapa cara teknik melamar kerja

 
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran, majalah, dsb) internet, career center, network, dan agency (outsourching).
  2. Langkah kedua, memilih lowongan kerja. Ya pilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, seperti:
  •  Mencari infirmasi mengenai posisi yang akan dipilih.
  •  Mencari informasi tentang perusahaan pemberi kerja
  •  Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
  •  Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
 
   3. Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti:
 
  • Kertas berwarna netral
  • Jenis dan ukuran font standard
  • Ukurann kertas A4
  • Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
     4. Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:
 
  •  Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
  •  Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
  •  Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: