Mengapa Harga Tanah Menjadi Murah?

Pada dasarnya harga tanah baik di pedesaan maupun di perkotaan cenderung mengalami kenaikan. Semakin berkembangnya ekonomi masyarakat dengan ditunjukkan semakin banyaknya tanah sawah yang kini berubah menjadi rumah, ruko-ruko, bahkan pabrik. Hal ini akan membuat harga tanah di sekitarnya mengalami kenaikan harga. Namun tidak jarang pula banyak orang yang terpaksa menjual tanahnya dengan harga murah. Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa tanah murah, di antaranya adalah :Selanjutnya

1. Tanah tersebut terletak di daerah yang secara geografis sulit dijangkau oleh kendaraan seperti di pegunungan, bukit, dan lembah. Rata-rata penduduk di daerah ini memiliki tanah yang cukup luas, bahkan cukup untuk membuat pabrik. Namun jarang orang mau membeli tanah di daerah tersebut baik untuk rumah pribadi ataupun bisnis. Itulah sebabnya mangapa di daerah tersebut tanah murah.

2. Sebab lain kenapa tanah murah adalah di daerah tersebut rawan terjadi bencana seperti sering dilanda banjir, longsor, gempa bumi, dekat gunung berapi, dan sebagainya. Pada umumnya orang tidak mau membeli tanah di daerah yang rawan terjadi bencana baik jangka panjang ataupun jangka pendek seperti daerah yang langganan banjir.

3. Tanah tersebut dekat dengan SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi). Walaupun tanah tersebut tidak dilewati SUTET secara langsung, namun kedekatannya dengan SUTET membuat orang enggan untuk membelinya dengan berbagai alasan. Di antaranya adalah khawatir terkena radiasi walaupun ini sebenarnya belum terbukti, tanah tersebut susah untuk dikembangkan misalnya dibangun bangunan yang tinggi. Akibatnya harga tanah di daerah tersebut cenderung murah.

4. Tanah tersebut dekat dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Tentu saja tidak ada orang yang mau tinggal di daerah yang dekat dengan pembuangan sampah. Mungkin hanya orang-orang tertentu yang mau tinggal di daerah tersebut dengan tujuan memanfaatkan TPA untuk lahan bisnisnya, misalnya pengepul barang-barang bekas atau peternak sapi yang menggembalakan sapi-sapinya di TPA.

5. Penyebab lainnya adalah apabila di daerah tersebut susah mendapatkan air atau kualitas air di daerah tersebut tidak sehat misalnya keruh atau menyebabkan gatal-gatal.

6. Daerah tersebut jauh dari sarana transportasi sehingga sulit untuk keluar masuk.

7. Tanah tersebut tidak subur sehingga sulit dikembangkan.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan mengapa harga tanah menjadi murah.

Usaharumah.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s